Kendala Umum Penerapan ISO 9001: 2015 Di Perusahaan

Adanya kendala dalam penerapan manajemen mutu ISO 9001: 2015 di Perusahaan, tentunya banyak membuat penerapan sistem manajemen mutu itu sendiri menjadi tidak efektif dan juga tidak berjalan sesuai yang telah direncanakan sebelumnya.

Apakah saja kendala umum yang sering terjadi atau ditemui saat penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 ataupun sistem manajemen lainnya?

Berikut 3 kendala umum yang sering dialami saat penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:20015 di perusahaan.

1. Komitmen manajemen yang angin anginan (Tak konsisten)

Kendala ini tentunya sudah sangat umum dan mendarah daging dikalangan praktisi yang menerapakan sebuah sistem manajemen. Komitmen manajemen sangatlah diperlukan dalam semua hal apalagi dalam menerapkan sebuah sistem manajemen. Karena komitmen manajemen menjadi contoh ke semua stake holder di perusahaan, jika mereka memiliki komitmen yang bagus dan konsisten maka semua masalah yang terjadi dalam penerapan sebuah sistem manajemen ISO 9001:2015 ataupun sistem manajemen lainnya akan menjadi lebih mudah dicarikan solusinya.

2. SDM (sumber daya manusia) yang tak mendukung

Kesanggupan SDM (sumber daya manusia) dalam memberikan support ataupun memberikan partisipasinya dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 ataupun sistem lainnya sangatlah krusial. Jika SDM yang ada tidak memberikan dukungan atau bahkan defend dengan arahan dalam menerapkan sistem manajemen mutu maka semua yang sudah direncakan juga akan sia-sia. Perlunya training pemahaman/ awarness dalam sebuah penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 ke semua orang/SDM dalam perusahaan itu sangatlah penting.

3. Kondisi Perusahaan

Beberapa owner/ bahkan direksi dalam perusahaan masih berpandangan jika penerapan sistem manajemen mutu tersebut dapat meningkatkan profit perusahaan secara financial. Sehingga setelah adanya kondisi menurun terhadap keungan perusahaan maka penerapan sistem manajemen tersebut dianggap tak penting lagi dan hanya membuat pengeluaran perusahaan bertambah.

Jika kalian yang membaca Kendala Umum Penerapan ISO 9001: 2015 Di Perusahaan ini dan menilai masih ada yang kurang bisa berdiskusi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *