Prosedur Rencana/Perencanaan Keuangan

Prosedur Rencana/Perencanaan Keuangan untuk Memastikan RENCANA KEUANGAN PERUSAHAAN bisa berjalan dengan baik dan terencana. Perencanaan dapat disetujui dan didistribusikan/diinformasikan pada seluruh pihak dalam perusahaan sesuai waktu yang ditetapkan sehingga dapat memberikan gambaran keuangan perusahaan untuk 1 tahun ke depan.


Contoh Prosedur Rencana/Perencanaan Keuangan dalam Perusahaan

1. Masing-masing Mgr divisi di bawah koordinasi direktur masing-masing menyusun Rencana Kegiatan untuk mencapai target usaha s/d persetujuan terhadap rencana tsb. Rencana kegiatan perusahaan antara lain berupa:

Rencana improvement project (rencana perbaikan/hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya terhadap kegiatan operasional untuk mencapai target kegiatan) yang akan dilakukan untuk periode satu tahun ke depan.
Rencana Operasional rutin yang akan dilakukan untuk periode satu tahun ke depan, antara lain meliputi: Rencana kegiatan penjualan (rencana penjualan, rencana kegiatan pemasaran, rencana kegiatan property), Rencana produksi, Rencana pembelian, Rencana perawatan sarana, Rencana pengadaan SDM, dll.

2. Sesuai rencana kegiatan yang telah disetujui, Mgr Divisi menyusun biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Penyusunan biaya-biaya kegiatan dilakukan sesuai dgn REGULASI FINANCIAL. Biaya kegiatan yg disusun diperiksa oleh direktur masing-masing untuk disetujui/dimasukkan dalam budget perusahaan.

3. Dir. Finance bersama dgn Mgr finance menyusun RENCANA KEUANGAN PERUSAHAAN (Rencana penerimaan dana, Rencana pengeluaran dana, Rencana alokasi/pemenuhan dana) berdasarkan biaya-biaya kegiatan yg telah diperiksa/disetujui direktur dan rencana penerimaan dana yang harus dihasilkan untuk periode satu tahun ke depan.

RENCANA KEUANGAN PERUSAHAAN yang disusun diajukan pada Dirut untuk persetujuan.

4. RENCANA KEUANGAN PERUSAHAAN yang telah disusun, diperiksa oleh Dirut untuk memastikan kesesuaian dengan target.

5. RENCANA KEUANGAN PERUSAHAAN yang telah disetujui diinformasikan pada semua pihak yang terkait dgn rencana tersebut antara lain:

pada seluruh Mgr Divisi untuk mengetahui biaya kegiatan yang telah disetujui.
Pada team direktorat operasi penjualan, untuk mengetahui target dana yang harus dihasilkan.
Pada Mgr finance untuk rencana pemenuhan dana dari eksternal dan mempersiapkan pelaksanaan pemenuhannya serta mengendalikan penerimaan dan pengeluaran dana.

Contoh Prosedur Rencana/Perencanaan Keuangan dalam Perusahaan ini bentuk umum yang biasanya dipakai dalam perusahaan, untuk teknis penyusunan dan istilah bisa menyesuaikan dengan struktur organisasi dan istilah yang telah ditetapkan dalam perusahan kalian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *